Ini Manfaat berjalan kaki untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, beragam perubahan terjadi pada tubuh , terutama bila usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga. Dengan perut yang kian membesar dan bobot tubuh yang semakin berat, gerak kini tentu jadi lebih terbatas, ya. Namun, bukan berarti hanya bisa malas-malasan dan berdiam diri, lho.
Ketimbang bermalas-malasan, justru disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik ringan, misalnya berjalan kaki secara rutin setiap pagi. Di samping membuat tubuh tetap bugar, aktivitas ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil di dalam kandungan. Nah, berikut info seputar manfaat jalan pagi untuk ibu hamil serta beberapa fakta lainnya yang sebaiknya tahu. Yuk, simak!
Tips Ibu Hamil
Ini Manfaat berjalan kaki untuk ibu hamil

Si Kecil Membutuhkan Udara Segar Sejak Masih Berada di Dalam Kandungan
Penelitian seputar kehamilan trimester ketiga yang dilakukan oleh Center for Children’s Environmental Health di Universitas Columbia menunjukkan, udara yang dihirup ibu hamil di dua trimester akhir turut berpengaruh pada perkembangan janin di dalam kandungan.
Penelitian yang dilakukan terhadap 250 wanita yang tidak merokok dan melahirkan antara tahun 1999 sampai 2006 ini, mengamati pengaruh kualitas udara di lingkungan ibu hamil dan kaitannya dengan kesehatan mental dari anak yang dilahirkan.
Hasil penelitian mengungkapkan, semakin tinggi tingkat polusi udara di lingkungan ibu hamil, semakin tinggi pula risiko si Kecil mengalami masalah perilaku di kemudian hari. Anak-anak berusia 6–7 tahun yang dilahirkan oleh ibu yang sering terpapar udara berpolusi selama hamil unya mengalami masalah perilaku, seperti depresi, sulit fokus, dan mudah gelisah, . Sebaliknya, anak-anak yang terlahir dari ibu yang tidak sering terpapar polusi ditemukan lebih jarang mengalami masalah perilaku.

Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan Ibu Hamil
Tak sekadar membantu meminimalkan kemungkinan si Kecil mengalami masalah perilaku di kemudian hari, jalan kaki pagi di alam terbuka selama masa kehamilan juga memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya:
1. Mengurangi Risiko Preeklampsia
Preeklampsia merupakan komplikasi yang terjadi pada masa kehamilan dan berpotensi membahayakan kandungan. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan tekanan darah yang tinggi dan terdapat unsur Protein pada urine.
Jalan kaki secara rutin di pagi hari dianggap mampu mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Alasannya, berjalan kaki membantu menjaga berat badan dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga tekanan darah selama kehamilan menjadi lebih stabil, .
2. Menurunkan Risiko Diabetes
, selama masa kehamilan, terjadi peningkatan kadar hormon estrogen, progesteron, dan laktogen plasenta. Hal ini menyebabkan insulin di tubuh tidak bisa bekerja secara optimal, sehingga kadar gula dalam darah meningkat secara alami. Bila tidak menjaga pola makan dan memperbanyak gerak, peningkatan kadar gula dalam darah ini berisiko membuat mengalami diabetes gestasional, lho. Padahal, diabetes gestasional perlu dihindari karena dapat memicu si Kecil terlahir dalam kondisi makrosomia (bayi lahir dengan berat berlebih), sehingga proses melahirkan menjadi sulit.
Kabar baiknya, berjalan kaki pagi secara rutin setiap hari membantu tubuh mengubah gula darah menjadi energi. Dengan begitu, risiko diabetes gestasional dan kondisi makrosomia pada si Kecil bisa dikurangi.
3. Mencegah Stres selama Kehamilan
Beragam perubahan pada tubuh selama hamil sering kali memicu stres. Mungkin pun merasakan hal ini, ya? Nah, aktivitas ringan seperti berjalan kaki pagi akan memicu tubuh melepaskan hormon endorfin, sejenis senyawa kimia yang membuat perasaan jadi senang dan rileks. Jadi, mulailah lebih rutin berjalan kaki di pagi hari supaya mood senantiasa positif, ya.
4. Meningkatkan Kemungkinan si Kecil Lahir Secara Normal
Berjalan santai di pagi hari selama masa kehamilan juga berdampak positif pada kelenturan otot pinggul, . Semakin lentur dan fleksibel otot pinggul, makin besar kemungkinan melahirkan si Kecil secara normal, tanpa melalui prosedur operasi. Tubuh akan lebih bugar karena terbiasa dilatih aktif setiap pagi. Hal ini juga meningkatkan stamina untuk menghadapi proses persalinan normal.
5. Mengurangi Ketidaknyamanan yang Rasakan
Beban tubuh yang bertambah selama masa kehamilan membuat lebih rentan merasakan sakit dan berbagai ketidaknyamanan, seperti kram, kesemutan, kaku otot, dan pegal-pegal. Terlebih bila jarang bergerak dan lebih banyak berdiam diri.
Oleh sebab itu, cobalah lebih aktif secara fisik, salah satunya dengan rutin berjalan kaki di pagi hari, . Dengan bergerak aktif, peredaran darah akan semakin lancar, sehingga kesemutan, kram, dan pegal-pegal tak lagi mengganggu .
Di samping kelima manfaat tadi, jalan kaki secara rutin di pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari, lho. Hal ini tentu membantu senantiasa bugar dan bersemangat saat beraktivitas di siang hari, bukan?
Nah, itulah beberapa manfaat jalan pagi untuk ibu hamil yang perlu tahu. Semoga info ini membuat lebih termotivasi untuk lebih aktif.
Seperti halnya rutin berjalan kaki di pagi hari, memenuhi kebutuhan nutrisi harian di masa kehamilan juga penting. Oleh sebab itu, ingat untuk selalu mengonsumsi susu ibu hamil kaya nutrisi setiap hari

Tips Ibu Hamil dapatkan informasi seputar kehamilan terbaru dan terlengkap.seperti tanda tanda hamil, ciri ciri hamil, cara menghitung usia kehamilan, senam ibu hamil, persiapan melahirkan, cek masa pertumbuhan bayi dan anak, kumpulan nama bayi laki-laki dan perempuan terbaru dan terlengkap.
Tips Ibu Hamil merupakan suatu blog yang didedikasikan khusus untuk memberikan informasi kepada ibu hamil dan segera berlangganan Gratis informasi mengenai Tips Ibu Hamil dengan cara memasukan email anda sehingga ketika Tips Ibu Hamil menambahkan dan memperbaharui artikel tentang Tips Ibu Hamil maka anda akan mendapatkan notifikasi melalui email anda.
Terima Kasih
Tips Ibu Hamil

Load disqus comments

0 komentar