Manfaat olahraga untuk Bumil

Tips Ibu Hamil, Banyak bunda hamil (bumil) bertanya-tanya, apakah saat hamil masih boleh berolahraga? Enggak sedikit juga bumil yang takut mengalami keguguran kalau berolahraga. Bunda salah satunya?

tips ibu hamil
Ibu Hamil sedang melakukan olahraga ringan

Dikutip dari Web MD, berolahraga teratur selama kehamilan justru bisa membantu Bunda tetap sehat. Olahraga teratur juga berguna memperbaiki postur tubuh bumil dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan, seperti sakit punggung dan kelelahan.

Terbukti juga, Bun, aktivitas fisik bisa mencegah diabetes gestational (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan meningkatkan stamina yang dibutuhkan untuk persalinan.
Baca juga : Ini Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil
Kalau terbiasa beraktivitas fisik sebelum hamil, Bunda harus melanjutkan rutinitas tersebut dalam porsi sedang. Jangan coba-coba berolahraga di level sebelum hamil ya, Bunda. Seorang atlet yang sedang hamil pun harus dipantau dokter kandungan sepanjang melakukan aktivitasnya. Tapi, kalau belum pernah berolahraga secara teratur sebelumnya, bumil aman memulai program olahraga setelah berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Tapi, jangan mencoba aktivitas baru yang berat, Bun. Berjalan terbilang aman dilakukan selama hamil.

American College of Obstetrics and Gynecolog merekomendasikan 30 menit atau lebih latihan ringan per hari. Kecuali kalau bumil mengalami gangguan medis seperti:

1. Muncul flek atau perdarahan
2. Plasenta rendah
3. Riwayat keguguran berulang
4. Riwayat prematur di kehamilan sebelumnya
5. Rahim yang lemah

Sebelum memulai olahraga selama kehamilan, baiknya Bunda konsultasi dengan dokter atau bidan. Lantas, apa saja sih olahraga yang boleh dan enggak boleh dilakukan selama hamil? Simak di halaman selanjutnya ya, Bunda.
Baca juga : Yuk Dengar musik klasik untuk ibu hamil dan janin anda

Tips Ibu Hamil dapatkan informasi seputar kehamilan terbaru dan terlengkap.seperti tanda tanda hamil, ciri ciri hamil, cara menghitung usia kehamilan, senam ibu hamil, persiapan melahirkan, cek masa pertumbuhan bayi dan anak, kumpulan nama bayi laki-laki dan perempuan terbaru dan terlengkap.
Tips Ibu Hamil merupakan suatu blog yang didedikasikan khusus untuk memberikan informasi kepada ibu hamil dan segera berlangganan Gratis informasi mengenai Tips Ibu Hamil dengan cara memasukan email anda sehingga ketika Tips Ibu Hamil menambahkan dan memperbaharui artikel tentang Tips Ibu Hamil maka anda akan mendapatkan notifikasi melalui email anda.

Terima Kasih
Tips Ibu Hamil



Load disqus comments

0 komentar