Tips mendidik anak dalam kandungan

Tips Ibu Hamil, Ternyata mendidik anak bukan hanya setelah di lahirkan, tetapi jauh sebelum itu ternyata anak harus didik sejak dalam kandungan, berikut ini Tips Ibu Hamil akan berbagi mengenai tips mendidik anak dalam kandungan.
Tips Ibu Hamil
Tips mendidik anak dalam kandungan

1. Trimester Pertama

Pertama-tama, setelah proses pembuahan berhasil, si Kecil akan berwujud embrio (istilah untuk menyebut dua lapisan sel yang menjadi cikal bakal janin). Unya, embrio berukuran sebesar biji kacang hijau dan terus bergerak-gerak.
Seiring waktu, embrio berkembang menjadi janin. Pada trimester pertama, organ jantung janin mulai berdetak secara teratur. Ususnya pun mulai terbentuk. Selain itu, bagian-bagian wajah dan kepala, seperti mata, hidung, dan mulut juga ikut terbentuk. Pada minggu ke-12, organ pendengarannya mulai terbentuk, si Kecil mulai belajar untuk mendengarkan suara, .
Dengan organ telinganya yang masih terus berkembang, janin belajar mengenali suara dari luar dinding perut . Mengingat adalah orang yang paling dekat dengan si Kecil di tahap ini, suara menjadi suara yang paling ia hapal.
Nah, untuk mendukung proses belajar si Kecil di tahap ini, bisa lebih sering mengajaknya berbincang akrab, seolah ia sudah ada dalam dekapan . Supaya lebih seru, lakukan hal ini bersama Dad, ya.

2. Trimester Kedua

Ukuran tubuh yang kian membesar menjadi salah satu hal yang paling terlihat dalam tahap perkembangan bayi di trimester kedua, . Di tahap ini, tulang-tulangnya mulai mengeras sehingga tubuh si Kecil mulai membesar dan memiliki panjang sekitar 8-9 cm, dengan berat sekitar 1,5 ons. Kini, calon bayi sudah memiliki sidik jari, lho. Selain itu, organ jantungnya pun dapat memompa darah hingga 25 liter per hari.
Di fase ini, kemampuan mendengar si Kecil sudah semakin berkembang sehingga ia lebih peka terhadap rangsangan suara dari luar. Organ penglihatannya juga mulai berfungsi, . Janin sudah mulai bisa membuka matanya, sehingga mampu bereaksi terhadap rangsangan cahaya. Tak hanya itu, calon buah hati juga sudah mulai reaktif terhadap rangsangan berupa sentuhan. Dengan kata lain, kini cara mendidik anak di dalam kandungan yang bisa praktikkan bisa lebih beragam.
Untuk mengoptimalkan kemampuan mendengar si Kecil, dan Dad dapat memperdengarkannya beberapa musik klasik. Untuk merangsang indra penglihatannya, dapat mengajak si Kecil bermain ciluk-ba dengan menggunakan senter. Sementara, untuk melatih kemampuan motoriknya, bisa mengetuk atau mengusap perut agar si Kecil dapat membalasnya dengan tendangan lembut.

3. Trimester Ketiga

Ini adalah trimester akhir, di mana perkembangan janin semakin menonjol, . Pada awal trimester ketiga, unya berat janin sudah mencapai sekitar satu kilogram. Kulitnya mengalami perubahan tekstur dan menjadi semakin halus. Kuku jari tangan dan kakinya juga sudah mulai tumbuh. Rambut si Kecil pun mulai tumbuh, meski belum begitu lebat. Nantinya, begitu seluruh organnya terbentuk sempurna, ukuran janin akan terus membesar hingga minggu-minggu terakhir kehamilan.
Menjelang hari kelahiran, biasanya panjang bayi bisa mencapai 48 cm, dengan berat rata-rata 3 sampai dengan 4 kilogram. Nah, di trimester ketiga ini, tips mendidik anak dalam kandungan masih sama dengan trimester kedua.

Fakta Seputar Bagaimana Janin Belajar Sejak di Dalam Kandungan
Mungkin agak canggung, ya, mengajak si Kecil bermain dan belajar, padahal kini ia masih ada di dalam kandungan. Namun, hal ini penting dilakukan, .
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Kansas Medical Center’s Hoglund Brain Imaging Center, membuktikan bahwa janin sudah mulai belajar, meski belum pernah melihat dunia luar. Menurut penelitian itu, setiap janin akan bersikap responsif tiap kali diajak bermain dan berbicara. Respon ini membuat otaknya lebih aktif, sehingga janin dianggap sedang belajar, . Hasil penelitian itu bahkan juga mengungkapkan, sekitar satu bulan sebelum kelahirannya, janin dapat mengerti bahasa yang digunakan oleh seseorang yang mengajaknya berbicara.
Nah, itulah beberapa fakta seputar cara janin belajar serta apa saja yang bisa lakukan untuk mengoptimalkan proses belajar buah hati dalam kandungan. Semoga info ini bermanfaat dan membuat lebih semangat mendidik anak dalam kandungan, ya.

Tips Ibu Hamil dapatkan informasi seputar kehamilan terbaru dan terlengkap.seperti tanda tanda hamil, ciri ciri hamil, cara menghitung usia kehamilan, senam ibu hamil, persiapan melahirkan, cek masa pertumbuhan bayi dan anak, kumpulan nama bayi laki-laki dan perempuan terbaru dan terlengkap. Tips Ibu Hamil merupakan suatu blog yang didedikasikan khusus untuk memberikan informasi kepada ibu hamil dan segera berlangganan Gratis informasi mengenai Tips Ibu Hamil dengan cara memasukan email anda sehingga ketika Tips Ibu Hamil menambahkan dan memperbaharui artikel tentang Tips Ibu Hamil maka anda akan mendapatkan notifikasi melalui email anda. Terima Kasih Tips Ibu Hamil https://aku-bumil.blogspot.com/ .
Load disqus comments

0 komentar